Carian Di Blog Ini

Memuatkan ...

Selasa, 22 November 2011

Wajah Berminyak - Muka Berminyak - 5 Cara Cepat Atasi Wajah Berminyak

Adapun cara merawat wajah berminyak dan berjerawat ini dapat kamu lakukan dengan 5 langkah tips merawat kulit wajah berminyak seperti yang akan dipaparkan berikut dibawah ini:

    1. Pagi hari cukup menggunakan facial wash yang berfungsi untuk mengurangi kadar minyak pada wajah.

    2. Gunakan bedak tabur untuk menyerap minyak pada wajah.

    3. Gunakan pelembab lotion untuk menjaga kelembapan kulit.

    4. Gunakan pembersih dan penyegar sari lemon khusus untuk kulit berminyak.

    5. Peeling wajah dengan lulur wangi atau facial scrub yang berfungsi untuk membersihkan subtans lemak disaluran minyak kulit yang disebabkan oleh debu, kotoran dan sisa make-up.


Berkeringat, meski rasanya tidak nyaman, tetapi memberi banyak manfaat. Keringat berfungsi mendinginkan dan mendetoks tubuh, sekaligus membersihkan pori-pori dari kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak yang berlebih. Anda hanya perlu rajin mengelap keringat dengan handuk; jika tidak, racun-racun akan menetap di wajah dan menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat.

Sayangnya, ketika kita berkeringat akibat cuaca yang panas, wajah kita bisa terlihat berminyak dan make-up jadi luntur. Agar kita tidak repot bolak-balik ke toilet untuk touch-up, coba ubah kebiasaan Anda dalam merawat wajah.

1. Jangan mencuci muka terlalu sering
Saat cuaca begitu panas, pasti Anda merasa ingin sering-sering mengguyur wajah dengan air dingin. Namun busa dan air yang berlebihan ternyata dapat mengikis kelembaban kulit dan menyebabkan kelenjar sebaceous (yang mengeluarkan substansi berminyak yang disebut sebum) bekerja keras untuk melembabkan kulit. Hal ini justru mengakibatkan efek rebound, berupa kulit yang lebih berminyak.

Tetaplah mencuci muka dua kali sehari, sedangkan untuk touch-up pada siang hari lebih baik gunakan toner yang lebih ringan atau tisu wajah dengan pelembab. Anda sangat tidak disarankan untuk produk antijerawat yang sangat intens. "Sebaiknya jangan menggunakan produk yang ditujukan untuk jerawat remaja," kata Howard Murad, MD, seorang ahli dermatologi.

Produk-produk ini menyasar jerawat yang muncul akibat hormon, yang kondisinya sangat berbeda dengan jerawat pada perempuan usia 20-40an. Gunakan produk yang mengandung antiperadangan dan antiinfeksi.

2. Pilih pelembab yang lebih ringan
Produk impor seperti krim wajah untuk udara dingin tidak cocok untuk kulit kita. Meskipun formula antipenuaan yang lebih bergizi akan bekerja efektif saat digunakan malam hari (bisa meningkatkan regenerasi sel kulit dan produksi kolagen yang terjadi secara alami ketika kita tidur), namun losion untuk pagi hari seharusnya lebih ringan. Makeup artist Angela Levin menyarankan Anda untuk menempelkan tisu di permukaan wajah setelah Anda mengaplikasikan pelembab pada pagi hari. Tujuannya agar kelebihan pelembab bisa diangkat dari kulit wajah.

3. Gunakan foundation primer
Jika Anda melabur tembok rumah sebelum mengecatnya, maka begitulah Anda mengaplikasikan primer sebelum memulas foundation. Hal ini dilakukan agar kulit lebih lembut dan tidak mengilap. Produk primer yang ideal seharusnya bebas minyak dan mampu menyerap minyak berlebih pada wajah, sekaligus menutrisi kulit dan tidak menyebabkan kering.

4. Aplikasikan make-up yang tepat
Seperti juga saat memilih primer, memilih formula yang bebas minyak namun antikering juga merupakan kunci saat memilih alas bedak yang baik. Anda yang berkulit berminyak bisa memilih produk yang mengandung penyerap minyak dan bahan conditioning. Pemilik jenis kulit kombinasi dan sensitif, bisa menggunakan produk oil-free yang mengandung SPF 20. Untuk rias mata yang bebas keringat, pilih eye shadow dan eyeliner yang tahan air.

5. Kertas minyak
Cara instan untuk melakukan touch-up di sela-sela kesibukan Anda adalah mengelap wajah dengan kertas minyak. Simpanlah selalu produk kertas minyak di dalam tas Anda. Saat ini juga sudah ada kertas minyak yang mengandung bedak ringan, sehingga wajah Anda langsung segar dalam sekejap.


Sumber: ELLE